m3

m3
juSt m3

Jumat, 09 April 2010

PENGERTIAN KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA

Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia artinya adalah bahwa Indonesia merupakan Negara kesatuan yang memiliki kedaulatan, memiliki tujuan nasional dan berdiri secara utuh baik wilayahnya, rakyatnya ataupun pemerintahannya.
Sejak proklamasi kemerdekaan, keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami pasang surut. Gangguan yang berusaha membubarkan Republik Indonesia sudah banyak terjadi, baik berasal dari luar maupun dari dalam negeri. Misalnya, pemberontakan G 30 S/ PKI, Gerakan Aceh Merdeka dan Organisasi Papua Merdeka. Semua peristiwa yang berusaha memecah dan menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia tersebut berhasil digagalkan oleh tekad seganap bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan keutuhan dan kesatuan Republik Indonesia. Rakyat Indonesia harus membangun rasa kebersamaan dan menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan bersama.
                 Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar                   di dunia. Saat ini Indonesia terdiri dari 33 provinsi. 


Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam ini dimanfaatkan dan digunakan untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Sehingga semua warga dan rakyat Indonesia berkewajiban melindungi dan mempertahankan wilayah Indonesia agar tetap utuh. Keutuhan wilayah ini sangat penting karena mengingat kemajemukan bangsa Indonesia.
Keutuhan wilayah juga sangat menentukan berlangsungtidaknya pemerintahan suatu negara. Demikian juga dengan negara Indonesia yang selalu berusaha untuk menjaga keutuhan wilayahnya. Selain menyiapkan aparat keamana negara, dalam menjaga keutuhan Negara Republik Indonesia juga diperlukan sikap- sikap sebagai berikut:
a.  Cinta tanah air
Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mempunyai rasa cinta terhadap tanah air. Cinta tanah air dan bangsa dapat diwujudkan dalam berbagai hal, antara lain:
1)  Menjaga keamanan wilayah negaranya dari ancaman yang datang dari luar maupun dari dalam negeri.
2)  Menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya pencemaran lingkungan.
3)  Mengolah kekayaan alam dengan menjaga ekosistem guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.
4)  Rajin belajar guna menguasai ilmu pengetahuan dari berbagai disiplin untuk diabdikan kepada negara.

b.  Membina persatuan dan kesatuan
Pembinaan persatuan dan kesatuan harus dilakuakan dimanapun kita berada, baik di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara. Tindakan yang menunjukkan usaha membina persatuan dan kesatuan, antara lain:
1)  Menyelenggarakan kerja sama antardaerah.
2)  Menjalin pergaulan antarsuku bangsa.
3)  Memberi bantuan tanpa membedakan suku bangsa atau asal daerah.
4)  Mempelajari berbagai kesenian dari daerah lain.
5)  Memperluas pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa.
6)  Mengerti dan merasakan kesedihan dan penderitaan orang lain, serta tidak mudah marah atau menyimpan dendam.
7)  Menerima teman tanpa mempertimbangkan perbedaan suku, agama, maupun bahasa dan kebudayaan.

c.   Rela berkorban
Sikap rela berkorban adalah sikap yang mencerminkan adanya kesediaan dan keikhlasan memberikan sesuatu yang dimiliki untuk orang lain., walaupun akan menimbulkan penderitaan bagi diri sendiri. Sikap rela berkorban ditunjukkan dengan cara membiasakan merelakan sebagian kepentingan kita untuk kepentingan orang lain atau kepentingan bersama. Pelaksanaan sikap rela berkorban antara lain:
1)  Di rumah
a)  Menunda acara bermain untuk membantu ibu.
b)  Menunda rencana berkemah bersama teman- teman karena harus menunggu anggota keluarga yang sedang sakit.
2)  Di sekolah
a)  Memberi iuran bila ada teman yang kena musibah.
b)  Mau berangkat lebih pagi untuk melaksanakan piket kelas.
c)   Memberikan sumbangan untuk PMI (Palang Merah Indonesia).
3)  Di masyarakat
a)  Menunda pergi piknik ketika ada acara kerja bakti di kampung.
b)  Membatalkan perayaan ulang tahun di rumah karena ada tetangga yang sedang sakit keras.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar